Flowchart

6. Flowchart


A. Definisi Flowchart

  • Flowchart adalah adalah suatu bagan dengan simbol-simbol tertentu yang menggambarkan urutan proses secara mendetail dan hubungan antara suatu proses (instruksi) dengan proses lainnya dalam suatu program.
  • Flowchart atau Bagan alir adalah bagan  (chart) yang menunjukkan alir  (flow) di dalam program atau prosedur sistem secara logika. Bagan alir (flowchart) digunakan terutama untuk alat bantu komunikasi dan untuk dokumentasi. 


B. Manfaat / Kegunaan Flowchart
  • Sebagai Dokumentasi Prosedur Kerja dalam ISO
  • Sebagai pedoman untuk menjalankan Operasional
  • Sebagai pedoman untuk melakukan pelatihan terhadap Karyawan baru
  • Sebagai benchmark (patokan)
  • Sebagai Peta kerja untuk mencegah terjadi kehilangan arah
  • Untuk mempermudah pengambilan keputusan

C. Simbol Flowchart dan Fungsinya

1. Arus ( Flow Derection Symbols)

Biasanya simbol yang termasuk kedalam ketegori ini digunakan sebagai simbol penghubung. Beberapa simbol yang termasuk ke dalam kategori ini, yaitu : 



2. Simbol Proses (Processing Symbols)

Sesuai dengan namanya, simbol proses digunakan untuk menyatakan simbol yang berkaitan dengan serangkaian proses yang dilakukan. Berikut beberapa simbol yang termasuk kedalam bagian proses, yaitu:


3. Simbol I/O (Input-Output)

Simbol yang termasuk kedalam bagian input-output berkaitan dengan masukan dan keluaran. Berikut beberapa simbol yang termasuk, yaitu :


D. Contoh Flowchart
1.       Menghitung Luas Segitiga
Analisis :
  • Input : a (alas) dan t (tinggi)
  • Luas Segitiga = a*t/2
§  Algoritma :
a.      Masukan nilai alas (a) dan nilai tinggi segitiga (t)
b.      Maka untuk menghitung luas digunakan rumus alas dengan tinggi yang sudah ditentukan
c.       Rumus untuk menghitung Luas Segitiga yaitu L = 1/2*a*t
d.      Nilai L (Luas) akan dicetak sebagai output ke perangkat output (keluaran)

Flowchart Menghitung Luas Segitiga



2.      Menghitung  Keliling Lingkaran
Analisis :
  • Input : r (jari-jari lingkaran) dan phi
  • Keliling Lingkaran  K=2*phi*r
§  Algoritma :
  1. Menetapkan nilai phi = 3.14
  2. Menghitung jari-jari lingkaran
  3. Rumus untuk menghitung Keliling Lingkaran  yaitu K=2*phi*r
  4. Nilai K (Keliling Lingkaran ) akan dicetak sebagai output ke perangkat output (keluaran)
§  Flowchart Keliling Lingkaran :



3.      Mengirim Surat
§  Algoritma :
  1. Ketik atau tulis surat
  2. Siapkan sampul surat atau amplop
  3. Masukkan surat ke dalam amplop yang tersedia
  4. Lem amplop surat dengan baik
  5. Tuliskan alamat pengiriman surat, jika tidak ingat, lebih dahulu ambil buku alamat & cari alamat yg dituju, lalu tulis alamat  amplop surat.
  6. Beli dan tempelkan perangko pada amplop
  7. Pergi ke kantor pos dan bawa surat  utk diserahkan pd pegawai pos
§  Flowchart Mengirim Surat :




4.      Menentukan Bilangan Ganjil atau Genap

§  Algoritma :
  1. Inputkan sebuah bilangan (bilangan bulat)
  2. Bagi bilangan yang sudah diinputkan dengan angka 2
  3. Jika menghasilkan sisa pembagian ( 0 ) maka bilangan tersebut genap
  4. Jika menghasilkan sisa pembagian bukan (0) bimaka bilangan tersebut ganjil

§  Flowchart Menentukan Bilangan Ganjil atau Genap :




5.      Menentukan Kelulusan Mahasiswa 

§  Algoritma :
  1. Nama mahasiswa dan nilai (sudah terbaca)
  2. Kalau mahasiswa mendapat nilai  >70 maka ket “ lulus”
  3. Kalau mahasiswa mendapat nilai <70 maka ket “tidak lulus”
  4. Data nama, nilai dan keterangan akan ditampilkan
§  Flowchart Menentukan Kelulusan Mahasiswa :


6. Konversi Suhu

§  Algoritma Konversi Suhu :
a.      Inputkan besaran suhu dalam celcius (satuan celcius)
b.      Untuk melakukan konversi suhu dari celcius ke Reamur digunakan rumus  :  R = 4/5 * C
c.       Untuk  melakukan konversi suhu dari celcius ke Farenheit digunakan rumus berikut : F = 9/5 * C + 3
d.      Suhu dalam besaran Reamur dan Farenheit akan ditampilkan

§  Flowchart Konversi Suhu :


7. Penerimaan Mahasiswa Baru
§  Algoritma :
  1. Calon Mahasiswa datang ke Bagian Pendaftaran.
  2. Membeli  dan mengisi formulir
  3. Membayar uang kuliah semester awal ( sesuaikan dengan kampus)
  4. Mengumpulkan dan menyerahkan persyaratan
  5. Jika persyaratan sudah lengkap? Jika tidak maka akan kembali lagi ke proses mengumpulkan persyaratan.
  6. Menerima kartu mahasiswa, jadwal orientasi, dan Kuliah.
  7. Mengikuti orientasi
  8. Kuliah

§  Flowchart Penerimaan Mahasiswa Baru :



Sekian artikel tentang Flowchart, semoga dapat berguna dan menambah ilmu .

Sumber :
  • https://badoystudio.com/contoh-algoritma-dan-flowchart/ 
  • http://mata-cyber.blogspot.com/2014/06/pengertian-flowchart-dan-contoh-simbol-serta-kegunaanya.html 
  • https://rahmatarifianto.wordpress.com/2014/11/20/pengertian-flowchart-dan-jenis-jenisnya/ 
  • http://www.fungsiklopedia.com/fungsi-flowchart/ 
  • https://salamadian.com/simbol-simbol-flowchart/ 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Algoritma dan Pemprograman

Logika Informatika